Friday, November 19, 2010

Mari kita mengenali dan melatih otak!!

Mari kita mengenali dan melatih otak!!

Otak terbagi atas kanan dan otak kiri. Otak kanan berperan penting dalam kemampuan intuitif (spontan), berpikir kreatif, seni, merasakan, melihat gambaran besar, ekspresi tubuh, dan menyatukan kata-kata. Sedangkan otak belahan kiri berperan penting dalam sisi rasional, logika, kemampuan berbahasa dan penggunaan kata, menganalisa, berbicara, melihat hal-hal rinci atau detail, pengulangan dan latihan, dan orientasi waktu.
Otak kita memiliki delapan jenis intelegensia. Semuanya bisa dioptimalkan dengan cara banyak latihan pada hal yang berbeda-beda. Pemanfaatan delapan intelegensia ini berarti menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri. Mari kita bahas satu demi satu cara untuk melatih kecerdasan yang kita miliki.

1. Intelegensia Linguistik
adalah kecerdasan dalam mengolah kata. Kemampuan ini dapat dipertajam dengan banyak membaca, melakukan permainan kata misalnya plesetan, berpuisi, berlatih diskusi, dan mengungkapkan sesuatu.

2. Intelegensia Logis Matematis
adalah kecerdasan dalam hal angka dan logika. Dapat dimaksimalkan dengan membuat rencana rinci anggaran belanja dan pendapatan pribadi, keluarga, atai perusahaan, menghitung setiap ada kesempatan atau apa pun latihan daya ingat yang terkait dengan bilangan.

3. Intelegensia Visual Spasial
adalah kemampuan untuk berimajinasi dalam gambar atau bentuk. Dapat diasah dengan latihan mencorat-coret, menggambar, membaca peta, bermain jigsaw, membongkar benda dan memasang kembali, melakukan apresiasi seni, membuat diagram saat menjelaskan gagasan, membuat denah daerah atau rumah.

4. Intelegensia Kinestetik (Gerak)
Ditempa dengan melakukan olah fisik secara teratur, membuat prakarya, berlatih menari atau berdansa, berlatih mengekspresikan diri dengan gerakan tangan atau bahasa tubuh lain.

5. Intelegensia Musik
Dikembangkan dengan berlatih memainkan alat musik, menyanyi dengan suara tidak sumbang, mengingat irama lagu, atau menggumamkan irama lagu, mengingat bunyi tertentu.

6. Intelegensia Naturalis
Dilatih dengan mencintai binatang, mengenal berbagai nama jenis pohon, bunga, tanaman, mempelajari cara kerja tubuh, kehidupan margasatwa, meminati isu-isu sosial, psikologi, biologi, ekologi, dan mempelajarinya.

7. Intelegensia Interpersonal
adalah kemampuan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain. Dikembangkan dengan bergaul, meminati olahraga tim seperti sepakbola, basket, bridge, membina persahabatan, berlatih berorganisasi, belajar bekerja sama dengan orang lain.

8. Intelegensia Intrapersonal
adalah kecerdasan diri sendiri dalam hal mental, sifat, kepribadian. Dilatih dengan mencari waktu untuk menyendiri, merefleksikan hidup, mengembangkan minat dan hobi, mencoba memahami diri, menetapkan visi dan misi pribadi, mengikuti berbagai latihan untuk mengembangkan diri.

Melatih otak tidak hanya sekadar kemampuan untuk mengingat, justru dengan berbagai macam kegiatan yang kita jalani setiap hari, otak kita akan semakin berkembang karena otak adalah pusat aktivitas dan hidup manusia.

No comments:

Post a Comment